Adgroups

Selasa, 12 April 2016

Mengetahui Ciri-ciri Orang yang Berbohong


Bagaimana cara sobat mengetahui seseorang sedang berkata jujur atau bohong ? Mari, kita kenali ciri-ciri dan sikap seseorang saat sedang berbohong.

1.      Cara Bicara Tidak Biasa
Saat orang sedang berbohong, sobat dapat membedakannya dengan memperhatikan nada suaranya. Karena saat berbohong, terjadi perubahan nada suara menjadi lebih tinggi dan dia tidak berbicara seperti biasanya.


2.      Menghindarkan Kontak Mata
Hal ini sudah menjadi reaksi alamiah manusia, dimana mereka tidak bisa menatap mata lawan bicara ketika sedang berbohong. Oleh karena itu, cobalah untuk menatap mata lawan bicara sobat dalam-dalam ketika ia sedang mengungkapkan sesuatu. Jika ia mengalihkan pandangan dari sobat, kemungkinan besar hal yang ia katakana adalah sebuah kebohongan.

3.      Mengalihkan Topik Pembicaraan
Rasa tidak nyaman ketika sedang berbohong cenderung membuat si pembohong tak ingin terus menerus membicarakan topik tersebut. Ia akan mencoba mengganti bahan pembicaraan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan, melakukan aktifitas lain, atau menggunakan berbagai sindiran dan sarkasme untuk meninggalkan topik tersebut.

4.      Gelisah
Gelisah juga merupakan hal yang paling mudah untuk mengetahui apa orang tersebut berbohong atau tidak. Sikap yang gelisah itu biasanya tidak tenang, sering menggerakkan tubuhnya dan tidak bisa diam, pokoknya ada saja yang dia lakukan selama berbicara, entah itu memainkan HP atau apa pun yang ada di dekatnya.

5.      Merasa Gugup


Meskipun ia adalah seorang yang ahli dan biasa berbohong, ada sedikit kegugupan yang akan ditunjukkan. Amati dan cermati saja setiap kalimatnya. Lihat kedua matanya saat berbicara, sehingga ia akan kehilangan control fisik dan menunjukkan kegugupan. Ini akan ditandai pula dengan keringat yang mengucur di kepala, mata yang resah dan berusaha mengalihkan perhatian dari sobat, jemari yang diletakkan di sekitar mulut, dan kaki yang digoyang-goyang tak tenang.

0 komentar:

Posting Komentar