Adgroups

Kamis, 14 April 2016

Tips Mengusir Kantuk Sobat Secara Alami pada Saat Kerja

        Disaat padatnya pekerjaan yang harus sobat selesaikan, kadang sobat terserang yang namanya kantuk. Mungkin disebabkan karena beberapa hal, diantaranya kurangnya tidur dimalam hari, terlalu kenyang atau bahkan pekerjaan yang monoton juga bisa mempengaruhinya.
Jika tiba tiba kantuk menghampiri sedangkan pekerjaan segera diselesaikan, maka disini harus segera sobat coba beberapa langkah berikut:


1. Segera Bangun dari Kursi dan Cobalah Berjalan-jalan Sejenak
Sebuah study populer, Robert Thayer PhD, seorang profesor di California State University, Long Beach, mempelajari apakah orang-orang lebih bersemangat dengan makan permen atau berjalan-jalan cepat 10 menit?
Meskipun mengunyah permen meningkatkan energi, satu jam kemudian tubuh akan kembali lelah. Sementara berjalan selama 10 menit meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah Sobat ke otak dan otot. Jadi berjalan-jalanlah di sekitar lokasi kantor sobat. Dan coba lihat beberapa aktifitas disekitar lingkungan kantaor sobat. Ini salah satu tips yang akan dapat merefresh tubuh.

2.
Mengistirahatkan Mata Sejenak
Bekerja di depan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata menjadi lelah. Coba alihkan pandangan mata sobat dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks. Lihatlah sesuatu yang berwarna hijau, karena warna ini bisa meneduhkan pandangan kita. Seperti melihat daun-daun di luar.

3. Membuat Ruang Kerja Lebih Terang
Ruangan yang  pencahayaannya redup dapat memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan. Jadi buatlah ruang ventilasi atau jendela yang cukup terang atau cahaya dari luar dapat masuk ke ruangan.

4. Tarik Nafas Dalam-dalam
Menurut penelitian, ketika sobat menguap berarti kadar oksigen dalam otak sobat sedang berkurang. Karena menguap juga merupakan salah satu ciri sobat sedang mengantuk. Untuk mengatasinya, cobalah tarik nafas dalam-dalam tahan sekitar 5 detik kemudian  hembuskan selama 5 detik. Lakukan hal ini beberapa kali sampai membuat sobat merasa segar kembali. 
Ide dari latihan pernafasan adalah untuk menghirup udara ke perut, bukan dada. Sobat dapat melakukannya di meja kerja. Duduk tegak, cobalah latihan ini sampai 10 kali :

5. Melakukan Olahraga Ringan
Disini sobat dapat melakukan olah raga yang ringan. Seperti berdiri dari tempat duduk, jalan di tempat sambil mengayunkan tangan juga merupakan olah raga yang ringan. Hal ini dapat membantu mengusir rasa kantuk sobat.

6. Cuci Muka dengan Air
Ambilah air dan cucilah muka sobat, selain menyegarkan juga menghilangkan rasa kantuk yang tiba-tiba menghampiri. Namun jika rasa kantuk sobat sudah tidak dapat dibendung sama sekali, tidur selama 5-6 menit tidak ada salahnya

7. Minum Air
Kekurangan air dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan sobat minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran. Jadi siapkan selalu air di meja sobat, atau mungkin buah-buahan yang segar.

8. Tidur Siang Sejenak 
Menurut Barry Krakow, MD, penulis Sound Sleep, Sound Mind: Seven Keys to Sleeping Through the Night, ada dua hal yang perlu diingat tentang tidur siang: Jangan tidur siang lebih dari sekali, atau mendekati waktu tidur sobat. "Tidurlah antara 5 sampai 25 menit," kata Barry.

"Jika sobat tidak dapat tidur, beristirahatlah dengan menutup mata selama 10 menit atau lebih," kata Allison T. Siebern, PhD, dari Stanford University Sleep Medicine Center di Redwood City, California

0 komentar:

Posting Komentar