Adgroups

Sabtu, 23 April 2016

Menyiapkan Sayur sebagai Tumbuh Kembang Si Buah Hati

Manfaat sayur sayuran secara garis besar adalah sumber serat, vitamin, dan mineral yang cukup baik bagi tubuh dan kesehatan manusia. Ada banyak jenis sayuran yang ada di Indonesia yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan dan metabolisme tubuh.
Secara umum manfaat sayuran adalah sebagai berikut :


  • Melancarkan BAB
  • Pencernaan yang sehat
  • Sumber vitamin, mineral, dan gizi bagi tubuh
  • Sumber utama serat
  • Mencegah kanker
  • Meningkatkan sistem imun
  • Meningkatkan kesehatan syaraf dan mata

Nah Bagaimanakah ketika si buah hati sobat sulit sekali untuk bisa makan dengan sayur. Ini ada beberapa cara agar si buah hati bisa mendapatkan asupan sayur yang begitu besar manfaatnya bagi tubuh si buah hati.

1. Jangan Dibuat Rumit
Kesalahan besar yang sering dibuat para orangtua adalah membuat kebiasaan makan sayur sebagai hal yang sulit. Memberi tahu si buah hati bahwa ia tidak bisa meninggalkan meja makan sebelum menghabiskan sayurannya adalah kesalahan besar. Yang terpenting adalah menyemangati, bukan menakuti anak.


2. Kenalkan Sayuran Sedini Mungkin
Mulailah kebiasaan makan sayur sejak usia bayi--sejak ia mulai bisa mencerna makanan padat. Jika si buah hati sobat telah terbiasa makan sayur sejak kecil, mereka lebih mudah menyukai sayuran ketika beranjak dewasa. Menjadikan sayuran sebagai bagian dari menu harian si anak adalah kuncinya.


3. Sisipkan Diam-Diam!
Jika buah hati sobat suka smoothies pisang misalnya, sisipkan Kale atau sayuran lain di dalamnya! Bayam juga merupakan salah satu sayuran yang mudah dicampur dalam smoothies. Tip: Jika keluarga sobat suka jus, coba campurkan wortel di dalam jus apel favorit mereka.



4. Rencanakan Makan Malam
Sebagai orang tua, sudah merupakan tugas sobat untuk menyiapkan beragam variasi makanan bagi buah hati.  Jangan mengulang menu yang sama hanya karena buah hati sobat menyukainya.  Coba variasi  menu lain dengan sayuran sehingga buah hati sobat terbiasa dengan sayuran.


5. Buat Saus Cocolan Lezat
Banyak anak-anak benci wortel. Namun, ketika wortel dicelupkan ke saus yang lezat nan gurih, mereka langsung menyukainya! Coba berbagai saus cocolan seperti hummus, ranch dressing, atau saus bayam untuk "membumbui" sayuran sebagai snack.


6. Ajak Anak ke Dapur
Anak-anak suka terlibat di dalam persiapan hidangan. Jika mereka terlibat sejak awal makanan dibuat, mereka cenderung lebih antusias untuk menikmati makanan tersebut. Dengan membuat mereka menaruh sayuran di piring mereka sendiri, mereka akan lebih tertarik untuk mencobanya.

Semoga si buah hati sobat mulai menyukai dan menyenangi beranega ragam jenis sayur, sehingga bisa sehat dalam tumbuh kembangnya.

0 komentar:

Posting Komentar